3 FASA BERBASIS PONSEL ANDROID
Jurniati,
S.Pd., M.Pd.
Guru SMKN 1
Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengaplikasikan
teknologi mikrokontroller agar dapat digunakan untuk mengoperasikan kontrol
motor Forward-reverse (pegubah arah
putaran) motor 3 fase dengan komunikasi nirkabel melalui bluetooth. Inovasi dilakukan pada pemutus tenaga yang selama ini
menggunakan tombol tekan (push button)
menjadi pemutus tenaga berbasis ponsel
android yang dapat dioperasikan dari jarak jauh dengan sambungan nirkabel.
Jenis penelitian adalah penelitian R&D model
ADDIE. Penelitian dilakukan di kelas XI
TITL SMKN 1 Mamuju sejak Juli 2017 sampai September 2017. Sampel uji coba luas
untuk mengetahui kepuasan siswa menggunakan media dilakukan di SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang
dan SMKN 1 Rangas sebanyak 46 orang dan instrumen yang digunakan adalah angket.
Analisis data yang digunakan adalah analisis IPA (Importance Performance Analysis). Sedangkan peningkatan motivasi
belajar siswa diobservasi pada kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang.
Data dianalisis dengan analisis uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengontrolan Forward-reverse dengan media arduino bluetooth control lamp sangat praktis
digunakan dan disukai siswa. Siswa juga merasa puas dengan penggunaan alat ini
dan terbukti bahwa motivasi belajar praktik mereka meningkat secara signifikan.
Kata Kunci:
Kontrol, Forward-reverse,
ponsel, android, Arduino, Bluetooth.
ABSTRACT
This research was conducted to
apply microcontroller technology so that it can be used to operate motor control
for 3-phase forward-reverse (motor rotation) with wireless communication via
bluetooth. Innovation is done on the breaker that has been using the push
button (push button) into a power breaker android-based mobile phone that can
be operated remotely with a wireless connection.
The type of research is the R
& D study of the ADDIE model. The research was conducted in class XI TITL
SMKN 1 Mamuju from July 2017 until September 2017. The sample of extensive
trials to find out the satisfaction of students using the media done in SMKN 1
Mamuju as many as 30 students and SMKN 1 Rangas as many as 46 students and the
instruments used are questionnaires. Data analysis used is IPA analysis
(Importance Performance Analysis). While the improvement of students' learning
motivation is observed in class XI TITL SMKN 1 Mamuju 30 students. Data were
analyzed by T test analysis.
The results showed that
Forward-reverse control with arduino bluetooth control lamp media is very
practical and used by students. Students are also satisfied with the use of
this tool and it is evident that their learning-learning motivation is
significantly improved.
Keywords: control, Forward-reverse,
ponsel, android, Arduino, Bluetooth.
LATAR BELAKANG
Kemampuan guru merupakan faktor
utama yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Media pembelajaran
merupakan alat bantu yang dipakai untuk membantu penyampaian materi ajar guru
agar bisa lebih cepat dikuasai oleh siswa pada umumnya dan peningkatan
kompetensi siswa SMK pada khususnya. Perkembangan teknologi di bidang
pengontrolan motor listrik membuat penulis akan mencoba membuat penelitian
pengembangan tentang pemutus tenaga listrik yang dahulunya menggunakan sakelar
manual, tombol listrik, sakelar magnet, dan sensor listrik sekarang sudah mulai
tergantikan dengan pemutus tenaga berbasis android
baik melalui SMS, bluetooth, dan infrared. Siswa SMK sebagian besar telah
memiliki ponsel berbasis android, sehingga untuk memaksimalkan penggunaannya
saya berupaya membuat inovasi pembelajaran untuk mengoperasikan rangkaian motor
listrik
dengan mematikan dan menghidupkan rangkaian melalui ponsel android di kelas XI
listrik A dan B dengan judul penelitian: “Pengembangan
Media Pembelajaran Kontrol Motor Listrik 3 Fasa Berbasis Ponsel Android. ”
PERTANYAAN PENELITIAN
Bagaimana tingkat kepraktisan penggunaan media pembelajaran
pengontrolan maju-mundur (forward-reserse)
motor listrik 3 fase melalui ponsel
android ?
1. Bagaimana
tingkat kepuasan siswa kelas XI TITL terhadap penggunaan media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase
melalui ponsel android ?
2. Bagaimana
efektivitas penggunaan media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju?
TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk
mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan media pembelajaran pengontrolan
maju-mundur (forward-reserse) motor
listrik 3 fase melalui ponsel android.
2. Untuk mengetahui
tingkat kepuasan siswa kelas XI TITL terhadap penggunaan media pembelajaran
pengontrolan maju-mundur (forward-reserse)
motor listrik 3 fase melalui ponsel
android.
3. Dapat
menjelaskan efektivitas penggunaan media pembelajaran pengontrolan
maju-mundur (forward-reserse) motor
listrik 3 fasa melalui ponsel android
terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI
TITL SMKN 1 Mamuju.
MAMFAAT PENELITIAN
1.
Penelitian ini diharapkan
dapat menjadi bahan referensi bagi penelitian berikutnya yang relevan.
2.
Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat
belajar dan kreativitas siswa kelas XI Listrik SMK Negeri 1 Mamuju dengan memfaatkan
pemakaian ponsel berbasis android
untuk diterapkan dalam pengontrolan motor listrik.
3.
Diharapkan hasil
penelitian ini dapat menambah kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran
tuntas, menyenangkan, dan kekinian dengan memamfaatkan teknologi terbaru dalam
pembelajaran di sekolah.
4.
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan.
SPESIFIKASI PRODUK
1. Pemutusan
hubungan arus menggunakan mikrokontroler dan media bluetooth.
2. Pengontrolan
motor listrik berbasis elektromagnetik (menggunakan kontraktor dan thermal overload relai).
3. Menyalakan
dan mematikan motor listrik melalui ponsel android.
4. Ukuran
fisik media sebesar 40 x 30 x 20 cm.
JENIS DAN DESAIN PENEITIAN
Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (Research
& Development) dengan mengadopsi
model ADDIE (Analysis, Define,
Development, Implementation, & Evaluation).
WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN
Penelitian
dilaksanakan mulai bulan Juli 2017 sampai bulan
September 2017. Tempat penelitian dilaksanakan di bengkel pengontrolan listrik
program keahlian TITL SMK Negeri 1 Mamuju.
ALUR PENGEMBANGAN MEDIA
Analisis kebutuhan
|
Perumusan tujuan
|
Pengembangan materi/bahan
|
Pengembangan media
|
revisi
|
Uji coba produk
|
Produk/
media
|
SUBYEK PENELITIAN
Subyek
penelitian adalah siswa kelas XI listrik program keahlian TITL sebanyak 6 orang
untuk uji coba terbatas di SMKN 1 Mamuju.
Uji coba luas dilakukan pada siswa Program Keahlian TITL
di SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang siswa dan di SMKN 1 Rangas sebanyak 30 orang
siswa.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data melalui:
1.
demonstrasi
2.
angket.
ANALISIS DATA
1.
Analisis data kualitatif.
Analisis hasil penelitian validasi
pakar dilakukan dengan analisis validitas isi dengan rumus:
Hasil kesimpulan dari kesepakatan kedua
pakar diambil berdasarkan perhitungan akhir seperti pada diagram di bawah:
Penilai
Pakar 1
|
|||
Relevansi lemah bernilai 1 & 2
|
Relevansi
kuat bernilai 3 & 4
|
||
Penilai
Pakar 2
|
Relevansi lemah bernilai 1 & 2
|
A
|
B
|
Relevansi kuat bernilai 3 & 4
|
C
|
D
|
2.
Analisis data
kuantitatif.
Hasil
penelitian instrumen angket yang dikumpulkan dari siswa untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa menngunakan media. Hasilnya
dianalisis dengan analisis IPA (Importance
Performance Analysis) yang diolah dengan
program SPSS 19.
Setelah
diperoleh kinerja dan kepentingan atribut, kemudian nilai-nilai tersebut
diplotkan ke dalam diagram kartesius seperti yang ditunjukkan dalam gambar di
bawah:
Kuadran I
Keep
up the good work (pertahankan prestasi)
|
Kuadran II
Possible
overskill (Berlebihan)
|
Kuadran IV
Concentrate
here
(Prioritas Utama)
|
Kuadran III
Low
Priority
(Prioritas
Rendah)
|
Analisis data selanjutnya adalah analisis peningkatan
motivasi belajar siswa setelah melakukan praktik pengontrolan motor listrik
dengan menggunakan media Arduino
Bluetooth Control Lamp dibandingkan dengan menggunakan Push Button. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dua
sampel Independen yang diolah dengan program SPSS 19, dengan kriteria
pengambilan keputusan:
Terima Ho : nilai sig ≥
α 0.05
Tolak Ho : nilai sig < α 0.05
Tidak ada komentar:
Posting Komentar