Kamis, 07 November 2019

Prosiding INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) DITJEN GTK KEMDIKBUD 2017


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTROL MOTOR LISTRIK
3 FASA  BERBASIS PONSEL ANDROID

Jurniati, S.Pd., M.Pd.
Guru SMKN 1 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengaplikasikan teknologi mikrokontroller agar dapat digunakan untuk mengoperasikan kontrol motor Forward-reverse (pegubah arah putaran) motor 3 fase dengan komunikasi nirkabel melalui bluetooth. Inovasi dilakukan pada pemutus tenaga yang selama ini menggunakan tombol tekan (push button) menjadi pemutus tenaga berbasis ponsel android yang dapat dioperasikan dari jarak jauh dengan sambungan nirkabel.
Jenis penelitian adalah penelitian R&D model ADDIE.  Penelitian dilakukan di kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju sejak Juli 2017 sampai September 2017. Sampel uji coba luas untuk mengetahui kepuasan siswa menggunakan media  dilakukan di SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang dan SMKN 1 Rangas sebanyak 46 orang dan instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis IPA (Importance Performance Analysis). Sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa diobservasi pada kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang. Data dianalisis dengan analisis uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengontrolan Forward-reverse dengan media arduino bluetooth control lamp sangat praktis digunakan dan disukai siswa. Siswa juga merasa puas dengan penggunaan alat ini dan terbukti bahwa motivasi belajar praktik mereka meningkat secara signifikan.

Kata Kunci:
Kontrol, Forward-reverse, ponsel, android, Arduino, Bluetooth.


ABSTRACT
This research was conducted to apply microcontroller technology so that it can be used to operate motor control for 3-phase forward-reverse (motor rotation) with wireless communication via bluetooth. Innovation is done on the breaker that has been using the push button (push button) into a power breaker android-based mobile phone that can be operated remotely with a wireless connection.
The type of research is the R & D study of the ADDIE model. The research was conducted in class XI TITL SMKN 1 Mamuju from July 2017 until September 2017. The sample of extensive trials to find out the satisfaction of students using the media done in SMKN 1 Mamuju as many as 30 students and SMKN 1 Rangas as many as 46 students and the instruments used are questionnaires. Data analysis used is IPA analysis (Importance Performance Analysis). While the improvement of students' learning motivation is observed in class XI TITL SMKN 1 Mamuju 30 students. Data were analyzed by T test analysis.
The results showed that Forward-reverse control with arduino bluetooth control lamp media is very practical and used by students. Students are also satisfied with the use of this tool and it is evident that their learning-learning motivation is significantly improved.

Keywords: control, Forward-reverse, ponsel, android, Arduino, Bluetooth.



 

LATAR BELAKANG

            Kemampuan guru merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dipakai untuk membantu penyampaian materi ajar guru agar bisa lebih cepat dikuasai oleh siswa pada umumnya dan peningkatan kompetensi siswa SMK pada khususnya. Perkembangan teknologi di bidang pengontrolan motor listrik membuat penulis akan mencoba membuat penelitian pengembangan tentang pemutus tenaga listrik yang dahulunya menggunakan sakelar manual, tombol listrik, sakelar magnet, dan sensor listrik sekarang sudah mulai tergantikan dengan pemutus tenaga berbasis android baik melalui SMS, bluetooth, dan infrared. Siswa SMK sebagian besar telah memiliki ponsel berbasis android, sehingga untuk memaksimalkan penggunaannya saya berupaya membuat inovasi pembelajaran untuk mengoperasikan rangkaian motor


listrik dengan mematikan dan menghidupkan rangkaian melalui ponsel android di kelas XI listrik A dan B dengan judul penelitian: “Pengembangan Media Pembelajaran Kontrol Motor Listrik 3 Fasa Berbasis Ponsel Android.

PERTANYAAN PENELITIAN

            Bagaimana  tingkat kepraktisan penggunaan media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android ?
1.      Bagaimana tingkat kepuasan siswa kelas XI TITL terhadap penggunaan  media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android ?
2.      Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android  terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju?

TUJUAN PENELITIAN

1.      Untuk mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan  media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android.
2.      Untuk mengetahui  tingkat kepuasan siswa kelas XI TITL terhadap penggunaan media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fase melalui ponsel android.
3.      Dapat menjelaskan efektivitas penggunaan  media pembelajaran pengontrolan maju-mundur (forward-reserse) motor listrik 3 fasa melalui ponsel android terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TITL SMKN 1 Mamuju.

MAMFAAT PENELITIAN

1.        Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi penelitian berikutnya yang relevan.
2.        Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa kelas XI Listrik SMK Negeri 1 Mamuju dengan memfaatkan pemakaian ponsel berbasis android untuk diterapkan dalam pengontrolan motor listrik.
3.        Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran tuntas, menyenangkan, dan kekinian dengan memamfaatkan teknologi terbaru dalam pembelajaran di sekolah.
4.        Hasil penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan.

SPESIFIKASI PRODUK

1.      Pemutusan hubungan arus menggunakan mikrokontroler dan media bluetooth.
2.      Pengontrolan motor listrik berbasis elektromagnetik (menggunakan kontraktor dan thermal overload relai).
3.      Menyalakan dan mematikan motor listrik melalui ponsel android.
4.      Ukuran fisik media sebesar 40 x 30 x 20 cm.

 

JENIS DAN DESAIN PENEITIAN

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Define, Development, Implementation, & Evaluation).

WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN

Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli 2017 sampai bulan September 2017. Tempat penelitian dilaksanakan di bengkel pengontrolan listrik program keahlian TITL SMK Negeri 1 Mamuju.


ALUR PENGEMBANGAN MEDIA


Analisis kebutuhan

Perumusan tujuan

Pengembangan materi/bahan

Pengembangan media

revisi

Uji coba produk

Produk/ media
 








Gambar 1 Alur Pengembangan Media

SUBYEK PENELITIAN

            Subyek penelitian adalah siswa kelas XI listrik program keahlian TITL sebanyak 6 orang untuk uji coba terbatas di SMKN 1 Mamuju. Uji coba luas dilakukan pada siswa Program Keahlian TITL di SMKN 1 Mamuju sebanyak 30 orang siswa dan di SMKN 1 Rangas sebanyak 30 orang siswa.

TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Teknik pengumpulan data melalui:
1.        demonstrasi
2.        angket.

ANALISIS DATA

1.        Analisis data kualitatif.
Analisis hasil penelitian validasi pakar dilakukan dengan analisis validitas isi dengan rumus:
Hasil kesimpulan dari kesepakatan kedua pakar diambil berdasarkan perhitungan akhir seperti pada diagram di bawah:

Tabel  1 Diagram analisis validitas isi Gregory

Penilai Pakar 1
Relevansi lemah bernilai 1 & 2
Relevansi kuat bernilai 3 & 4
Penilai Pakar 2
Relevansi lemah bernilai 1 & 2
A
B
Relevansi kuat bernilai 3 & 4
C
D

2.      Analisis data kuantitatif.
            Hasil penelitian instrumen angket yang dikumpulkan dari siswa untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa menngunakan media. Hasilnya dianalisis dengan analisis IPA (Importance Performance Analysis) yang diolah dengan program SPSS 19.
            Setelah diperoleh kinerja dan kepentingan atribut, kemudian nilai-nilai tersebut diplotkan ke dalam diagram kartesius seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah:

Kuadran I
Keep up the good work (pertahankan prestasi)
Kuadran II
Possible overskill (Berlebihan)
Kuadran IV
Concentrate here (Prioritas Utama)
Kuadran III
Low Priority
(Prioritas Rendah)
Gambar 2 Diagram Analisis IPA
            Analisis data selanjutnya adalah analisis peningkatan motivasi belajar siswa setelah melakukan praktik pengontrolan motor listrik dengan menggunakan media Arduino Bluetooth Control Lamp dibandingkan dengan menggunakan Push Button. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dua sampel Independen yang diolah dengan program SPSS 19, dengan kriteria pengambilan keputusan:
            Terima Ho :  nilai sig ≥  α 0.05
            Tolak Ho    : nilai sig <  α 0.05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar